Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair #KKN

Pelatihan Membuat PupUK organik cair , program individu KKn. kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama bagi para anggota kelompok ternak dan kelompok tani di dusun Pondok Kulon, Kalitirto, Berbah, Sleman Yogyakarta. Tujuan: Memanfaatkan potensi lingkungan yang ada di Dusun Pondok Kulon yaitu memanfaatkan kotoran dan urine sapi.
Hasil: Anggota kelompok ternak lembu aji merasa senang dapat membuat pupuk organik dengan memanfaatkan kotoran ternak dan urin sapi. Anggota kelompok ternak lembu aji yang sebagian bapak-bapak ini antusias ketika mengikuti kegiatan ini. Hasil dari pelatihan ini yaitu pupuk organik dan EM4. 
Pembahasan: Pelatihan pembuatan pupuk organik merupakan pelatihan yang bertujuan untuk memanfaatkan potensi lingkugan Dusun Pondok Kulon yaitu memanfaatkan kotoran ternak dan urin sapi. Potensi tersebut dimiliki oleh Dusun Pondok Kulon karena sebagian besar masyarakat dusun ini beternak sapi dan kambing. Kotoran dan urin yang dihasilkan oleh ternak tersebut belum termanfaatkan dengan baik dan masih menjadi limbah yang terbuang. Oleh karena itu, diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik yang berbahan dari kotoran sapi dan urin sehingga limbah yang mencemari lingkungan ini dapat termanfaatkan. Pelatihan ini dilaksanakan di kandang kelompok tenak dengan sasaran anggota kelompok ternak lembu aji. Pelatihan dilaksanakan dengan lancar dan diberikan pula pendampingan setelah pelatihan yang berupa mendampingi saat pengadukan pupuk sampai penyaringan dan pengemasan ke botol.





Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faqih Muhammad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger