Pengantar Buku Positive Youth Development Resource Manual

Pengantar Buku Positive Youth Development Resource Manual
SEJARAH DAN TUJUAN
Tujuan dari buku panduan ini adalah untuk menyediakan para pengguna sumber yang baik dan alat untuk anggota masyarakat dan para profesional yang ingin mempromosikan pengembangan remaja yang positif di komunitas mereka. Bahan dapat digunakan untuk mendidik kelompok masyarakat dan penyedia layanan tentang pengembangan remaja yang  positif dengan tujuan akhir untuk memfasilitasi perubahan organisasi dan komunitas. Panduan ini meliputi kegiatan pelatihan, handout, presentasi singkat power point dan referensi ke sumber informasi lainnya.
Dorongan untuk membangun panduan ini berasal dari pembelajaran ACT untuk pemuda, inisiatif Negara bagian, ditemukan oleh dinas kesehatan NYS. Untuk mempromosikan pembangunan pemuda melalui komunitas. Banyak praktisis telah belajar tentang pembangunan pemuda melalui pelatihan, membaca pengumuman dan pengaksesan angka pertumbuhan pembangunan pemuda melalui web. Pada tahap pertama, Peningkatan ilmu pengetahuan mengenai pembangunan pemuda sangat penting. Tapi dalam rangka untuk mendidik dan terlibat kelompok local lainnya dan organisasi, mereka membutuhkan pendidikan yang konkrit dan bahan-bahan tersebut diambil dari abstrak dan konsep umum dari pembangunan pemuda dan menempatkannya kedalam pengguna dan praktikan. Isi dari panduan adalah berdasarkan 5 tahun bekerja secara teliti dengan berbagai komunitas dan ulasan dari penelitian dan pelatihan sumberdaya dalam bidang pembangungan pemuda yang sedang diberjalan.
STRUKTUR
Panduan ini dibagi menjadi 6 bagian yang masing-masing memiliki tema dan termasuk beberapa kegiatan dengan petunjuk, overhead (slide), handout dan tips fasilitasi. selain itu, ada bagian untuk sumber daya dan referensi dan lampiran tenaga. semua overhead yang melekat sebagai slide power point. Setiap slide dikonversi ke overhead jika diinginkan. Sumber daya tambahan terdaftar dengan link web langsung
CARA MENGGUNAKAN MANUAL
Anda dapat memilih dan menggabungkan kegiatan sesuai dengan audiens Anda dan tujuan pendidikan. Ini bukan kurikulum standar yang mengamanatkan urutan tertentu kegiatan. Manual dipandang sebagai sumber daya yang sengaja diciptakan untuk menjadi fleksibel dan disesuaikan tergantung pada tujuan Anda dan tertarik. Rekomendasi yang diberikan dimaksudkan sebagai saran berdasarkan pengalaman pelatihan yang sebenarnya.
Kami telah mencoba untuk tidak menduplikasi materi pelatihan yang ada, dan telah terdaftar sumber lain yang tersedia (melalui referensi atau link web)
RENCANA MASA DEPAN
Ringkasan membaca pengembangan remaja positif sedang dalam pengembangan. Menggunakan manfaat teknologi web, update tahunan dengan kegiatan baru, referensi dan handout yang sudah direncanakan
ANALISIS
       Dari pengantar dalam panduan buku ini dapat diambil kesimpulan bahwa buku ini menjelaskan bagaimana cara membentuk generasi muda yang mempunyai integritas yang baik. Buku panduan ini juga bisa dijadikan acuan oleh suatu organisasi yang bergerak didalam kepemudaan untuk dijadikan referensi terkait dengan bagaimana strategi-strategi yang efektif guna meningkatkan kualitas pemuda yang mencangkup aspek akademis ataupun kepribadiannya. Buku panduan ini terbentuk atas inisiatif  suatu organisasi kepemudaan dalam rangka mengembangkan potensi pemuda dalam organisasi tersebut dengan harapan nantinya pemuda dalam organisasi tersebut dapat membawa perubahan yang positif bagi organisasi atau komunitasnya.
       Buku panduan ini disusun dari pengalaman penyusun yang sudah bekerja dalam suatu komunitas kepemudaan selama lima tahun, sehingga buku panduan ini menyajikan berbagai strategi yang juga dilandasi dengan pengalaman yang penyusun sudah dapatkan.
       Buku panduan ini terdiri dari berbagai sajian diantaranya yaitu panduan yang berupa overhead (slide), handout dan tips fasilitasi untuk membentuk pemuda yang berkualitas. Buku panduan ini bersifat fleksibel sehingga dapat di gunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faqih Muhammad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger