Metode dan Praktek Kesejahteraan Sosial (Masalah-Masalah Sosial)

Metode dan Praktek Kesejahteraan Sosial (Masalah-Masalah Sosial)
Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya. Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :

1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Masalah sosial di Indonesia terjadi seperti lingkaran setan, Pemerintah telah membuat peraturantentangakan memberi denda pada orang yang bersedekah pada pengemis, dan pemerintah juga sibuk dengan kebijakan-kebijakan yang telah dan akan dibuat yang berkaitan dengan masalah sosial yang terjadi di Indonesia seperti PNPM Mandiri, Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Masalah sosial yang sangat terasa di saat sekarang ini adalah realita kemiskinan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Kita semua menyadari bahwa kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang tidak mudah untuk diatasi. Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya tetapi masih banyak kita temui permukiman masyarakat miskin hamper di setiap sudut kota.Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai pemukiman masayarakat miskin tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang mesti disingkirkan


CONTOH-CONTOH MASALAH SOSIAL
Penduduk miskin adalah penduduk yang tidak mempunyai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar  untuk kehidupan yang layak, baik kebutuhan dasar makanan maupun bukan makanan. Ini merupakan suatu masalah sosial yang berangsur-angsur hingga sekarang dan pemerintah pun belum dapat memberikan solusi untuk menanggulangi kemiskinan yang menimpa bangsa Indonesia ini. Sejak krisis, angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi. Berdasar data Badan Pusat Statistik Nasional Indonesia (BPS) bahwa 17,7 persen atau 39 juta penduduk indonesia tergolong kategori penduduk miskin. Pengangguran sebanyak 10,4 persen. Di antara 100 juta angkatan kerja menganggur. Indonesia termasuk salah  satu negara termiskin di dunia yang masuk pada urutan ke-68. Dan berikut 10 bagian daerah di Indonesia yang angka kemiskinannya tertinggi (sumber ) : 10 Propinsi dengan Angka Kemiskinan Tertinggi (%) 
No
Provinsi 
Angka Kemiskinan
1
papua Barat
36,80

2
Papua 
34,88

3
Maluku
27,74

4
Sulawesi Barat
23,19

5
Nusa Tenggara Timur 
23,03

6
Nusa Tenggara Barat
21,55

7
Aceh
20,98

8
Bangka Belitung
18,94

9
Gorontalo
18,70

10
Sumatera Selatan
18,30

Sumber: Sensus Nasional BPS 2010  
Di bawah ini berita yang saya kutip melalui (sumber : metrotvnews.com) yang menginformasikan bahwa "Orang Miskin di Indonesia bertambah 2,7 Juta Orang" berikut kutipannya :"Metrotvnews.com, Jakarta:Angka pertambahan orang miskin di Indonesia dalam tiga tahun terakhir melonjak tajam. Berdasarkan data terakhir Asean Development Bank (ADB), orang miskin di Indonesia bertambah 2,7 juta orang. Data ADB menunjukkan tahun 2008 jumlah orang miskin di Indonesia mencapai 40,4 juta orang. Sementara tahun 2010 jumlah orang miskin meningkat menjadi 43,1 juta orang atau naik 2,7 juta orang. Dalam mengukur angka kemiskinan ini, ADB menggunakan standar pendapatan per hari di bawah Rp7.800 atau selisih 10 persen dari standar kemiskinan yang ditetapkan pemerintah yakni Rp7.060 per hari. Sementara itu, di sisi lain praktik korupsi terus tumbuh subur di negeri ini. Badan Pemeriksa Keuangan bahkan melaporkan uang negara yang dikorupsi mencapai Rp103 triliun. (RIZ)" Dengan jumlah Penduduk miskin yang masih cukup besar dan permasalahan kemiskinan yang kompleks dan luas di Indonesia menuntut penanganan yang berkelanjutan dalam menurunkan jumlah penduduk miskin. Berikut merupakan beberapa faktor-faktor yang memperlambat pencapaian kemiskinan yaitu :
  • Belum meratanya program pembangunan.
  • Masih terbatasnya akses masyarakat miskin terhadap pelayanan.
  • Masih besarnya jumlah penduduk yang rentan untuk jatuh miskin
  • Fluktuasi harga kebutuhan pokok yang sangat mempengaruhi kemiskinan
  • Rendahnya kapasitas serta produktivitas usaha untuk memperluas kesempatan kerja 
  • Naiknya harga minyak dunia yang cukup besar dan masih banyak lagi faktor yang memperlambat kemiskina
Berikut Penanggulangan yang sedang berlangsung dan perencanaan yang akan dilakukan  sebaiknya :
  • Peningkatan Akses Masyarakat Miskin  (Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur)
  • Perlindungan Sosial bagi masyarakat Miskin
  • Peningkatan perlindungan bagi masyarakat miskin
  • Penangan Masalah Gizi Kurang dan Rawan Pangan
  • Peningkatan ketahanan Pangan
  • Perluasan kesempatan Berusaha yang Memihak Rakyat Miskin
  • Stabilisasi harga bahan pokok


Pentingnya pendidikan yaitu untuk menentukan kualitas hidup seseorang atau bangsa yang memang sudah menjadi kebutuhan mutlak. Di indonesia pendidikan intelek jelas dibutuhkan akan tetapi pendidikan moral pun sama penting dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia terutama untuk generasi muda yaitu pelajar dan mahasiswa. Para kaum muda merupakan generasi penerus yang akan menentukan jalannya bangsa ini untuk kedepannya namun disinilah yang menjadi kekhawatiran bangsa ini karena pendidikan intelek tidak sebanding dengan pendidikan moral padahal kedua objek ini seharusnya saling berbanding lurus. Menurut cara pandang semakin tinggi intelektual seharusnya semakin baik pula moralnya. Namun banyak pula kita temukan seseorang yang berprestasi akan tetapi tidak bermoral. Sistem pembelajaran di indonesia ini harus diberlakukan dengan seimbang agar para pendidik tidak hanya berprestasi tetapi juga mempunyai moral yang baik. Maka dari itu pengajar sangat penting bagi pendidiknya. Berikut salah satu prestasi indonesia yang membanggakan yang saya kutip pada situs berita : "Jakarta (ANTARA News) - Tiga anak Indonesia menjadi juara III untuk "Regular Category Junior High School" dalam olimpiade robot "World Robotic Olympiad (WRO) 2012" di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE). Siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, melaporkan robot hasil rakitan Leonardi, Yusuf Juan dan Rizki Akbar yang berasal dari Mikroskil Robotic Center Medan itu berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh panitia. Tantangan yang dimaksud adalah menaiki tangga dengan ketinggian berbeda sambil membawa sebutir telur tanpa pecah hingga ke puncak tangga. Dalam kejuaraan kali ini, Indonesia diwakili oleh 35 anak dari berbagai sekolah yang dikoordinasikan oleh Mikrobot Indonesia.
Walaupun tidak meraih piala, Tim Indonesia yang menampilkan robot pembersih laut yang tercemar oleh minyak bernama "Bonyak" cukup mendapat perhatian dari para pengunjung.
Kesuksesan lain yang diraih oleh Indonesia adalah dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk WRO 2013 yang diumumkan secara resmi pada penutupan, Minggu (20/11)." 
Betapa bangganya bangsa ini karena prestasi para generasi muda mempunyai pendidikan intelektual yang cukup baik namun tidak sebanding dengan kaum muda kebanyakan yang sering kita lihat. berikut kutipan situs yang memberitakan kasus tak remaja  tak bermoral : "Kasus terakhir contohnya, pergaulan kawula muda mulai tingkat remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Ramainya kasus pelajar yang membuat adegan intim lawan jenis dengan rekaman ponsel beberapa waktu lalu, hanyalah satu cerita kecil saja. Sebelum itu, kasus serupa juga pernah muncul.
Bahkan, Polres Malang beberapa hari lalu baru memeriksa sejumlah pelajar yang diduga melakukan aborsi di sebuah tempat pengisian bahan bakar umum. Seks dengan gonta-ganti pasangan, memicu ledakan jumlah HIV/AIDS."
c.       Seks Bebas
Pandangan seks bebas semakin lama menjadi hal yang terdengar biasa karena semakin banyaknya berita yang beredar tentang seks bebas ini. terutama kasus seks bebas yang banyak juga terjadi di negara kita Indonesia. Ini merupakan masalah bagi negeri ini karena banyaknya seks bebas membuat moral para remaja menjadi semakin tidak baik. Apalagi sudah marak terjadi anak sekolah melakukan seks bebas bagaimana hal ini tidak terdengar biasa? sudah banyak berita-berita atau masalah yang beredar tentang seks bebas ini dikalangan para pemuda.semakin hari malah semakin banyak kasus seks bebas memang banyak hal yang menyebabkannya. Kurangnya didikan iman dan takwa, pergaulan bebas yang bergaul dengan memakai narkotika, pengaruh budaya barat yang negativ dan  teknologi semakin lama semakin canggih maka semakin mudah pula untuk mendapatkan informasinya. Di indonesia ini teknologi memang banyak menguntungkan dalam hal positif tetapi tidak bisa dipungkiri dalam hal negative pun  banyak hal-hal yang menyebabkan terjadi. Apalagi remaja-remaja sekarang ini semakin berani untuk meng-expose diri bahkan sampai-sampai video yang sedang melakukan hal yang tidak senonoh ini pun mereka rekam dan dimasukan dalam situs video hingga akhirnya banyak beredar. Sungguh sangat memalukan dan tidak lazim terutama anak-anak sekolah yang melakukannya sudah pasti hal yang sangat tidak terpuji. Moral bangsa ini malah akan semakin terpuruk jika hal seperti ini tidak cepat diatasi. orangtua mana yang tidak akan menggelengkan kepala mendengarnya bahkan menangis jika mengetahui anaknya melakukan hal yang tidak terpuji ini. Maka dari itu orangtua semakin antisipasi agar tidak menimpa anaknya sendiri.
Banyak hal yang akan disebabkan jika melakukan seks bebas apalagi para remaja dan terutama perempuan yang akan lebih banyak dirugikan diantaranya bisa mencorengkan nama baik keluarga karena disebut-sebut orangtua tidak mendidik anaknya dengan baik, membuat stress perempuan jika lelaki yang membuatnya seperti itu tidak bertanggung jawab, tidak adanya kepercayaan diri untuk keluar rumah karena tetangga sekitar membicarakannya hingga akhirnya pun stress, menikah muda dan tidak ada perencanaan hingga membuat masa depan suram, seks bebas pun dapat memicu menjadikannya seorang pelacur karena terlanjur melakukan dengan pacarnya lalu putus hubungan akhirnya malah membuat putus asa dan menjadikannya profesi untuk diteruskan saja dan membuat semakin banyaknya wanita yang mengugurkan janinnya atau membuang bayi begitu saja.
Sangat mencengangkan sekali bukan jika kita melihat apa saja penyebab seks bebas ini seharusnya mungkin cara mengatasinya dengan banyaknya majlis-majlis atau pesantren yang mengajak para remaja untuk ikut berpartisipasi atau mendapat lebih banyak lagi pendidikan rohani dan orangtua pun harus mau mendorong anak-anaknya agar mau ikut berpartisipasi dan melakukan kesibukan-kesibukan yang positif. ABG atau remaja memang labil mudah terpengaruh kemana saja alur mengarah bisa itu positif maupun negatif. maka untuk menghindari seks bebas ini harus banyak kegiatan-kegiatan menarik yang mengarah positif agar tidak mempedulikan hal-hal yang membawa dampak buruk. Seperti hal-hal diatas yang sudah saya beritahukan maka hindarilah hal-hal yang kita tahu akan berdampak buruk atau seperti seks bebas ini saya pun sebagai remaja sangat antisipasi agar tidak mengalami hal ini apalagi dalam bergaul karena sudah pasti masa depan dan kehormatan akan dipandang tidak baik oleh orang-orang sekitar dan karena mendengar pengalaman yang saya dengar dari teman-teman yang mengalami hal ini kejadian ini akan membuat penyesalan yang sangat dalam apalagi kedepannya perencanaan keluarga pun tidak baik.
d.      Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan di indonesia terjadi bukan hanya di daerah pelosok saja, tetapi juga terjadi di daerah perkotaan yang konon menjanjikan banyak kemewahan. Hal ini terjadi karena banyak faktor, dan diantaranya adalah masalah pendidikan yang belum bisa semua masyarakat indonesia rasakan. Akan tetapi menurut survai, Kemiskinan di indonesia semakin berkurang .
e.       Pendidikan
Indonesia termasuk negara yang tingkat pendidikannya cukup rendah di dunia. Banyak sekali anak-anak yang harusnya sekolah, mereka sibuk membantu orang tuanya untuk bekerja mencari nafkah. Pastinya mereka (anak-anak indonesia) ingin merasakan sekolah seperti anak-anak yang lain. akan tetapi keadaan perekonomian orang tua yang kurang mampu membuat mereka mengubur keinginan tersebut. Meskipun pemerintah telah mengucurkan dana BOS, tetapi pada kenyataannya masih banyak anak-anak dijalanan ketika jam sekolah.
f.       Kejahatan
Indonesia memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi, apalagi di daerah kota besar. Jenis kejahatan yang dilakukan juga beragam, dari segi motif dan caranya. Tapi paling banyak yang terjadi adalah kejahatan yang timbul karena faktor ekonomi. Ini terjadi bukan hanya pada orang yang kurang terpelajar, akan tetapi orang yang terpelajarpun juga kadang masuk dalam daftar orang yang melakukan tindakan kriminal. misalnya saja pemalakan, tawuran dsb. Ini bisa dilihat di acara televisi yang setiap hari pasti ada tayangan kriminal yang terjadi entah itu di ibu kota atau di daerah.
g.      Pengangguran
Pengangguran adalah masalah serius yang dihadapi indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Jumplah penduduk yang semakin banyak tak diimbangi dengan jumplah lapangan kerja yang banyak pula, sehingga terjadi banyak pengangguran. Pengangguran juga bertambah seiring kebiasaan masyarakat yang datang dari daerah memadati ibu kota. Kadang mereka datang dengan modal nekat tanpa ketrampilan khusus sehingga di kota mereka tak punya kerjaan. Sebenarnya lapangan pekerjaan bisa kita ciptakan sendiri tanpa harus pergi ke ibukota.
h.      Keadilan
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran” [1]. Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: “Kita tidak hidup di dunia yang adil” [2]. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan.
i.        Rusaknya atau buruknya fasilitas umum

Coba sebutkan apa saja fasilitas umum di lingkunganmu? Beberapa fasilitas umum yang mudah dijumpai adalah sarana transportasi (kereta api, bis, angkot, kapal laut, kapal terbang), sarana pendidikan (sekolah), sarana kesehatan (Puskesmas, balai kesehatan ibu anak, Posyandu, rumah sakit), dan sarana hiburan (rekreasi). Bagaimana keadaan fasilitas umum ini di lingkunganmu? Apakah dalam keadaan baik atau rusak? Apa yang kamu lakukan kalau melihat fasilitas umum dalam keadaan rusak?
Mengapa buruknya fasilitas umum menjadi masalah sosial? Fasilitas umum digunakan secara bersama oleh masyarakat. Kalau fasilitas umum itu rusak, maka masyarakat tidak bisa menggunakannya. Apa yang terjadi jika bis-bis dan angkot rusak? Apa yang terjadi ketika kereta api rusak atau anjlok? Ratusan bahkan ribuan warga masyarakat terlantar. Mereka tidak bisa bepergian ke tempat lain. Mereka juga pasti menderita kerugian yang sangat besar. Coba kamu perhatikan keadaan fasilitas umum di lingkunganmu. Banyak fasilitas umum dalam keadaan rusak atau tidak terpelihara, bukan. Banyak sarana transportasi seperti bus, kereta api, dan kapal sudah tua dan kotor. Demikian juga fasilitas-fasilitas sosial lainnya seperti telpon umum, WC umum, tempat hiburan dan rekreasi, dan sebagainya. Fasilitas umum memang dipelihara dan dijaga oleh pemerintah. Meskipun demikian, masyarakat harus membantu merawat dan menjaga supaya tidak cepat rusak. Kalau ada fasilitas umum yang rusak, hendaknya segera melapor ke pihak berwenang.

j.        Pertikaian
                        Pertikaian bisa disebabkan banyak hal, antara lain karena salah paham, emosi yang tidak terkendali atau karena memperebutkan sesuatu. Sesuatu yang diperebutkan dapat berupa suatu prinsip, seseorang atau suatu barang. Pertikaian dapat terjadi di dalam suatu keluarga atau di masyarakat. Pertikaian yang tidak segera diselesaikan bisa berakibat fatal. Suatu pertikaian bahkan dapat menimbulkan korban jiwa. Masyarakat yang didalamnya terdapat pertikaian atau konflik menyebabkan suasana tidak aman dan nyaman. Pertikaian yang terjadi di keluarga juga dapat menyebabkan suasana tidak te

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faqih Muhammad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger