Download Materi Free Masa Persiapan Pensiun - MPP

Masa pensiun bisa jadi merupakan masa yang menggembirakan bagi sebagian kalangan pegawai atau karyawan. Mungkin kegembiraan itu muncul karena sudah terlepas dari beban kerja yang selalu  membebaninya. Atau mereka sudah ingin menikmati  masa tua yang tidak dibebani dengan pikiran- pikiran, atau boleh jadi mereka ingin berkumpul sepenuh waktu dengan keluarganya. Namun, bagi  sebagian pegawai atau karyawan, masa pensiun mungkin menjadi momok dan sesuatu yang  menakutkan. Betapa tidak, bayang-bayang kekurangan pendapatan akan menghantui setiap saat di  tengah biaya hidup yang semakin tinggi bahkan masih memiliki banyak tanggungan. Belum lagi  dampak status sosial yang bakal dialami oleh  mereka yang sudah memasuki masa pensiun.
Bagaimana pun juga, masa pensiun adalah masa yang mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap karyawan. Masa ini memang agak rentan dari sisi psikologis, baik dari pegawai yang bersangkutan maupun dari keluarganya. Banyak di antara mereka yang tidak bisa menghadapi efek psikologis terutama mereka yang pernah menjabat suatu posisi penting dan strategis. Mereka bisa mengalami Post Power Syndrome. Tetapi tidak sedikit pula di antara mereka yang bisa menerima kenyataan ini..  Mereka bisa menikmati masa tuanya dengan tenang dan damai walaupun kehidupannya pas-pasan. 
Suatu perusahaan yang masih memiliki perhatian kepada nasib karyawannnya, tentunya tidak ingin eks karyawannya hidup dalam ketidakpastian. Perhatian perusahaan bisa dalam bentuk materi maupun non materi. Bentuk perhatian perusahaan non materi adalah mempersiapkan mereka sebelum memasuki masa pensiun melalui kegiatan pelatihan.

Saya dulu pernah mengembangkan konten materi MPP. Sebagai gambaran konten materi MPP, teman-teman bisa akses di link berikut ini :https://drive.google.com/file/d/1LZoE_KbVUVUJ2F-eYF--u_LpTSfjD1vP/view?usp=sharing

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faqih Muhammad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger