BELAJAR DARI BRUCE LEE

Siapa yang tidak mengenal nama Bruce Lee!!! Bruce Lee adalah seorang aktor, filsuf, sutradara, produser, penulis skenario dan seniman bela diri. Beberapa hari belakangan, National Geographic menayangkan film dokumenter tentang Bruce Lee. Tayangan dokumenter ini sendiri sangat menarik karena mengetengahkan sisi kehidupan seorang Bruce Lee dari masa kecil, masa kejayaannya hingga kematiannya di usia 32 tahun. Ada beberapa hal yang sangat menarik untuk diambil pelajaran dari kehidupan Bruce Lee. Pelajaran ini bisa dipetik dari beberapa perkataan Bruce Lee yang sarat akan filosofi .


1.    Tujuan Hidup

Bruce Lee pernah berkata, “Salah satu cara agar hidup kita abadi adalah dengan menjalani hidup yang bermakna.” Kata kata Bruce Lee  ini seakan mengingatkan kita, kalau dalam melewati hidup yang singkat ini, kita hanya punya satu tubuh saja. Artinya, hanya ada satu kesempatan. Oleh karena itu, jalanilah hidup yang tak sampai 100 tahun ini dengan perasaan riang serta yang lebih penting adalah..... bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

2.    Batas

Jangan pernah memberikan batas terhadap apa yang bisa kamu lakukan. Tidak ada batasan! Kamu jangan hanya   diam saja. Pergilah keluar! If its kill you, its kill you!”. Bruce Lee. Jangan pernah membatasi diri kawan, Jika Tuhan menghendaki, semua itu mungkin. Karena yang ga




mungkin itu Cuma satu, yaitu makan kepala sendiri! He..he.. 😊

Dalam suatu kesempatan, Bruce Lee juga sempat berujar, “Sejak aku masih kecil, aku selalu memiliki insting atau dorongan untuk tumbuh dan berkembang. Bagiku, fungsi dan kewajiban dari seorang manusia adalah, dia harus mampu mengembangkan satu bakat yang menjadi andalannya.” Kata kata Bruce Lee ini seakan mengingkatkan pada sebuah quote bagus yang saya dapat dari Twitter - entah ini quote siapa, “Ketika kamu ingin menjadi segalanya, kamu tidak akan menjadi apa-apa.”

3.    Kebahagiaan

“Berbahagialah selalu, tapi ingat, jangan cepat puas!” Bruce Lee. Nah, biarkan dirimu selalu bahagia, Kawan.  Hidup ini sebentar, Jangan menunggu sukses atau tercapai target dulu baru bisa bisa bahagia. Hidup kan berputar, ada siang ada malam. Kadang subur, kadang tandus. Ada panas, ada hujan. Dan akhirnya, ketika ada sedih, pasti akan datang bahagia.  Ya ngga..? :) iya aja deeh 😊

4.    Percaya Diri

Ketika mendapat sorotan dari dunia luar, Bruce Lee pernah berkata begini, “aku hidup di dunia ini bukan untuk mengikuti apa yang kamu katakan. Begitu pun kamu, tak perlu mengikuti apa yang aku katakan.” Begitulah kawan, selalu harus kita ingat, kitalah yang menentukan diri kita mau seperti apa. Bukan orang lain. So, ketika kamu bekerja keras mengejar mimpi yang selama ini diidamkan, yang pertama harus dilakukan adalah PERCAYA PADA TUHAN DAN DIRI SENDIRI. Jangan terlalu memedulikan apa yang dikatakan orang. Jalan terus dan apapun tantangannya, tetap berpikiran positif. Seperti apa yang dikatakan Bruce Lee, “As you think, so shall you become.”

5. Action
“tahu saja tidak cukup, kita harus mengaplikasikanya. Mau saja tidak cukup, kita harus benar benar melakukannya.”
Bruce Lee juga berkata, “ketika terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berpikir, pekerjaanmu tak akan kunjung selesai.”

Kata kata ini seakan mengingatkan saya pada slogan Nike, “Just Do It!”. Jangan bangga punya banyak ide, karena semua itu hanya omong kosong belaka kalau kamu ga action-action.

6. Fokus Pada Proses

“Aku tidak takut dengan orang yang berlatih 10000 tendangan tapi hanya satu kali. Yang aku takutkan adalah orang yang berlatih satu tendangan, tapi sebanyak 10000 kali.” Bruce Lee

Kalau kata orang bijak mah, banyak jalan menuju Roma, Kawan. Tapi ingat, sampai kapan pun kita ga akan pernah nyampe Roma kalau selama perjalanan, selalu ganti-ganti arah. Fokus dong😊!

7. Tangguh
“Jangan meminta kepada tuhan untuk diberikan hidup yang tanpa beban, tapi mintalah kekuatan pada-Nya, agar mampu memikul beban tersebut.” Bruce Lee.

Kata Mario Teguh juga, bukankah hidup adalah perjalanan dari satu masalah ke masalah yang lain? Jangan cengeng, Kawan. Hadapi masalah itu satu persatu dengan tabah dan pantang menyerah. Yakin, yakin, yakin, kalau Tuhan ga akan ngasih cobaan melebihi batas kemampuan makhluknya.

 8. kegagalan
“jangan takut gagal. Yang harus kamu takutkan adalah cita-cita yang rendah.” Bruce Lee

Gagal adalah hal biasa. Itu proses. Para motivator juga udah pada bilang kan, kalau disikapi dengan benar, banyak pelajaran yang bisa diambil dari kegagalan. Ketika anaknya mulai belajar berjalan lalu gagal dan gagal lagi, Tak ada satu orang tua pun yang berkata, “Ah anakku tidak ada bakat berjalan.” So, kenapa itu tak kau tanamkan juga di kehidupanmu?

9.  Melayani

“Hidup yang hakiki adalah hidup yang senang melayani orang lain.” Bruce Lee

Ada satu cara ampuh untuk bisa meraih cita-cita. Mau tau? Simple saja, bantu orang lain - tentu saja dengan ikhlas dan senang hati - untuk meraih cita-citanya. Ingat kata-kata bijak ini, “manusia yang paling baik adalah mereka yang bermanfaat bagi makhluk lainnya.” 😊

Reference :

·          Bruce Lee-The Celebrated Life of the Golden Dragon

 


Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faqih Muhammad - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger